Home Berita STAIN Pekalongan Mewisuda 483 Lulusan Diploma, Sarjana dan Magister

wisuda des 2015 1

Pekalongan - Sabtu, 05 Desember 2015, STAIN Pekalongan mengadakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Diploma Tiga ke-17, Sarjana ke-31 dan Magister ke-3. Pada kesempatan kali ini, diwisuda sebanyak 483 mahasiswa dari berbagai program studi, yang terdiri dari :

No

Jurusan

Prodi

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

Syari’ah dan Ekonomi Islam

D.3 Perbankan Syari’ah

13

51

64

S.1 HKI

9

10

19

S.1 Ekonomi Syari’ah

10

37

47

2

Tarbiyah

S.1 PAI

84

205

289

S.1 PBA

8

19

27

3

Ushuluddin dan Dakwah

S.1 Tafsir Hadits

8

3

11

S.1 Akhlak Tasawuf

2

1

3

4

Program Pascasarjana

S.2 PAI

13

10

23

Jumlah

147

336

483

Di antara para wisudawan dan wisudawati, terdapat 8 orang yang dinyatakan sebagai wisudawan atau wisudawati terbaik dari masing-masing program studi. Berikut nama-nama tersebut :

  1. Program Studi Perbankan Syari'ah (PbS) adalah RIZKA GITA SISMAYA, beralamat di Ds. Tegal Suruh Rt.03 Rw.01 Gg. Duku Sragi Pekalongan, dengan IPK 3.75, judul Tugas Akhir "Implementasi Sistem Cadangan Risiko Pada Pembiayaan Mudharabah di BMT Annajah Wiradesa".
  2. Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) adalah LUTFIYAH, beralamat di Jl. Setia Bhakti Rt.02 Rw.03 Podosugih Pekalongan, dengan IPK 3.76, judul Tugas Akhir "Hak Ex Officio Hakim dalam Memutuskan
    Perkara Cerai Talak dalam Perspektif Maqashid Al-Syari’ah
    ".
  3. Program Studi Ekonomi Syari'ah (EKOS) adalah HUSNA KARIMA, beralamat di JL. Tondano Poncol Baru No.36 Pekalongan, dengan IPK 3.73, judul Tugas Akhir "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas dan Umur Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Daftar Efek Syariah Tahun 2011-2014)".
  4. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah FATKHUL RIBKHAH, beralamat di Silirejo Rt.22 Rw.04 No.25 Tirto Pekalongan, dengan IPK 3.78, judul Tugas Akhir "Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 14 Pekalongan Tahun Ajaran 2014-2015".
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah DEWI ASRIYAH, beralamat di Gondang Rt.06 Rw.02 Wonopringgo Pekalongan, dengan IPK 3.70, judul Tugas Akhir "Analisis Kontrastif Kala dalam Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta Metode Pengajarannya".
  6. Program Studi Tafsir Hadits (TH) adalah AFIATUL AZKIA, beralamat di Tuwel Kalibuntu No.41 Rt.02 Rw.06 Bojong Tegal, dengan IPK 3.85, judul Tugas Akhir "Perempuan dan Harta dalam Al-Qur’an
    (Studi Terhadap Penafsiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir Al Misbāh)
    ".
  7. Program Studi Akhlak Tasawuf (AT) adalah MUHAMAD AS’AD, beralamat di Kel. Bandengan Pekalongan , dengan IPK 3.70, judul Tugas Akhir "Pembinaan Spiritual Umat Melalui Pengamalan Zikir Tarekat Syadziliyah (Studi Kasus di Kanzus Salawat Pekalongan)".
  8. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Program Pascasarjana adalah MOH NASRUDIN, beralamat di Dusun III Ds. Blendung RT 001 RW 006 No. 48 Kec. Ulujami Kab. Pemalang, dengan IPK 3.65, judul Tugas Akhir "Pemikiran Pendidikan Tasawuf KH. A. Shohibul Wafa Tajul Arifin dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam".

Sampai dengan Wisuda Diploma III ke-17, Sarjana ke-31 dan Magister ke-3, terhitung sejak Juni 1998 sampai Desember 2015, STAIN Pekalongan telah meluluskan sebanyak 7.490 orang. Lulusan berasal dari beberapa program studi STAIN Pekalongan yang meliputi : S1 Akhwal al-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam) sebanyak 816 orang, D3 Perbankan Syariah sebanyak 461 orang, S1 Ekonomi Syariah (EKOS) sebanyak 320 orang, S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 4.671 orang, D2 Pendidikan Agama Islam sebanyak 1.011 orang, S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 89 orang, S1 Tafsir Hadits (TH) sebanyak 34 orang, S1 Akhlak Tasawuf sebanyak 3 orang, S2 Hukum Keluarga Islam sebanyak 10 orang dan S2 Pendidikan Agama Islam sebanyak 60 orang.

Menurut Ketua STAIN Pekalongan, Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., wisuda kali ini mengangkat tema "Menghidupkan Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara". Tema Ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang selama ini terjadi. Kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini sedang dikepung awan kelabu. Konflik dan kekerasan di berbagai daerah masih mewarnai ke-Indonesia-an kita. Perpolitikan yang tidak kunjung menyejahterakan, serta gempuran-gempuran kapitalisme yang senantiasa merong-rong marwah kemanusiaan dan kedaulatan bangsa.

Dalam situasi sosial, ekonomi dan politik yang serba anomali, STAIN Pekalongan, sebagai pengawal garda depan Islam yang moderat dan toleran memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan nilai-nilai Islam yang rahmah dalam menyejahterakan dalam kehidupan berbangsa.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, nilai-nilai Islam Rahmatan Lil ‘Alamin bisa kita wujudkan melalui penyelenggaraan bernegara dengan prinsip-prinsip toleransi, berkeadilan, ta’awun, gotong royong, kasih sayang (rahmah), persaudaraan (ukhuwah), dan seterusnya. Nilai-nilai dan prinsip tersebut kita jadikan sebagai spirit dalam menjalankan kehidupan bernegara dan berbangsa.

"Sebagai warga negara yang baik, menghidupkan Islam rahmatan lil ‘alamin menjadi kewajiban kita bersama. Islam tidak akan mungkin tegak tanpa negara yang kuat, kokoh dan berdaulat. Mempromosikan Islam yang moderat dan toleran sama artinya kita memperkuat pilar kebangsaan dan kenegaraan kita," Pungkas beliau.

Akhirnya, besar harapan untuk para wisudawan hendaknya berbakti kepada negara dan bangsa dengan segenap ilmu, potensi, dan pikiran yang kita miliki tanpa syarat. Sehingga benar-benar menjadi menjadi bagian penting dalam penyelesaian berbagai persoalan-persoalan pelik yang dihadapi bangsa Indonesia sekarang.