Home Berita IAIN Pekalongan Mewisuda 495 Lulusan Diploma, Sarjana dan Magister

wisuda jan 2017Pekalongan - Senin, 30 Januari 2017, IAIN Pekalongan mengadakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Diploma Tiga ke-19, Sarjana ke-33 dan Magister ke-5. Wisuda kali ini, diadakan di Sahid International Conference Centre (SICC) Hotel Sahid Mandarin Kota Pekalongan. Pada periode wisuda terahir STAIN ini, diwisuda sebanyak 495 mahasiswa dari berbagai program studi, baik D3, Strata 1 Maupun Strata 2, dengan rincian sebagai berikut :

No

Jurusan

Prodi

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

Syari’ah dan Ekonomi Islam

D.3 Perbankan Syari’ah

10

53

63

S.1 HKI

15

15

30

S.1 Ekonomi Syari’ah

16

77

93

2

Tarbiyah

S.1 PAI

73

130

203

S.1 PBA

12

18

30

3

Ushuluddin dan Dakwah

S.1 Tafsir Hadits

15

2

17

S.1Ilmu Tasawuf

2

3

5

S.1 BPI

3

30

33

4

  Program Pascasarjana

S.2 HKI

2

-

2

S.2 PAI

13

6

19

Jumlah

161

335

495

Di antara para wisudawan dan wisudawati, terdapat 10 orang yang dinyatakan sebagai wisudawan atau wisudawati terbaik dari masing-masing program studi. Berikut nama-nama tersebut :

  1. Program Studi Perbankan Syari'ah (PbS) adalah ANAH WIGIAWATI, beralamat di Desa Silirejo Rt.09 /Rw.02 Kec. Tirto Kab. Pekalongan, dengan IPK 3.71, judul Tugas Akhir "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Atas Pembiayaan KPR Hunian Syariah di Bank Muamalat Kantor Cabang Pekalongan".
  2. Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) adalah IQBAL KAMALLUDIN, beralamat di Gg. Ki Ageng Abdurosyid Rt.02 Rw.01 No.26 Karanganyar Batang, dengan IPK 3.68, judul Skripsi "Uji Akurasi Penentuan Deklinasi Matahari dengan Menggunakan I-Zun Dial".
  3. Program Studi Ekonomi Syari'ah (EKOS) adalah KHOIRUL FAYASQI, beralamat di Jl. Irian Gg. 2 No.82 Kebulen Pekalongan, dengan IPK 3.86, judul Skripsi " Penerapan Nilai-nilai Etika Bisnis Islam di Hotel Namira Syariah Pekalongan".
  4. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah FITROTUL INAYATURROHMAH, beralamat di Jl. Buyut Nasirun Rt.05 Rw.01 Tanggungsari Brebes, dengan IPK 3.84, judul Skripsi "Implementasi Kurikulum Pendidikan Islam di Kuttab al Fatih Purwokerto".
  5. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) adalah M.FAIRUZ ROSYID , beralamat di Ds. Sembungjambu Bojong Pekalongan, dengan IPK 3.74, judul Skripsi " تطبيق طريقة القواعد والترجمة فى مادة القراءة بوسيلة كتاب عظة الناشئين لطلبة قسم تعليم اللغة العربية بالجامعة الإسلامية الحكومية بكالونجان مستوى الثالث العام الدراسى ٢٠١٥-٢٠١٦".
  6. Program Studi Tafsir Hadits (TH) adalah SUCI HIDAYAH, beralamat di Jl. Brigjen Katamso Rt.04 Rw.13 Kampung Baru Sugihwaras Pemalang, dengan IPK 3.73, judul Skripsi "Ukhuwah Islamiyah dalam Ritual Baritan (Studi Living Hadis dalam Upacara Baritan di Desa Asemdoyong Kec. Taman Kab. Pemalang".
  7. Program Studi Ilmu Tasawuf (IT) adalah GEA NOVITA ROHMA, beralamat di Kertosari Pemalang , dengan IPK 3.81, judul Skripsi "Peranan Tarekat dalam Membangkitkan Jiwa Nasionalisme Bangsa (Studi Pemikiran dan Gerakan Habib Luthfi bin Yahya".
  8. Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) adalah MAYLINA SRIKUDYANTI, beralamat di Ds. Losari Rt.05 Rw.02 No.139 Ampelgading Pemalang , dengan IPK 3.89, judul Skripsi "Pelaksanaan Bimbingan Karir Berbasis Islam Melalui Kegiatan Kurikuler Bagi Siswa Tuna Rungu Wicara Tingkat SMA di SLB Negeri 2 Pemalang".
  9. Program Magister Hukum Keluarga Islam (HKI) adalah IRFANDI, beralamat di Dk. Plenden Rt.03 Rw.01 Ds. Pretek Kec. Pecalungan Kab. Batang, dengan IPK 3.69, judul Tesis "Pemikiran Muhammad Tahir Ibn Asyur (1879 M-1973 M) tentang Maqosid Syari'ah dalam Kitab Maqosid Asy-Syari'ah Al-Islamiyyah".
  10. Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah AHMAD ASSEGAF, beralamat di Jl. Seruni Timur Masjid Assegaf Bantaran Klego Pekalongan, dengan IPK 3.68, judul Tesis " دينالمنهج التوبوي الاءسلامي في تعليم دين الاءسلام (دراسة تحليلية مقارنة بين فكرة الشيج محمد متولي الشعراوي والسيد محمد بن علوي المالكي)".

Sampai dengan Wisuda Diploma III ke-19, Sarjana ke-33 dan Magister ke-5, terhitung sejak Juni 1998 sampai Januari 2017, IAIN Pekalongan telah meluluskan sebanyak 8.371 orang. Lulusan berasal dari beberapa program studi IAIN Pekalongan yang meliputi : S1 Akhwal al-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam) sebanyak 879 orang, D3 Perbankan Syariah sebanyak 551 orang, S1 Ekonomi Syariah (EKOS) sebanyak 493 orang, S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 5.050 orang, D2 Pendidikan Agama Islam sebanyak 1.011 orang, S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 154 orang, S1 Tafsir Hadits (TH) sebanyak 69 orang, S1 Akhlak Tasawuf sebanyak 17 orang, S1 Bimbingan Konseling Islam (BKI) sebanyak 35 orang, S2 Hukum Keluarga Islam sebanyak 18 orang dan S2 Pendidikan Agama Islam sebanyak 94 orang.

Wisuda kali ini mengangkat tema " Meneguhkan Tata Kelola IAIN Pekalongan menuju Generasi yang Memiliki Spirituality, Scientific, Nationality, dan Entrepreneurship bagi Kemandirian NKRI". Tema Ini dilatarbelakangi oleh peralihan status STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan. Peralihan status ini diharapkan bisa menjadi motivasi tersendiri bagi pimpinan, jajaran pejabat, dosen serta pegawai untuk lebih meningkatkan kinerja.

Dalam kaitannya dengan spiritualitas, diharapkan wisudawan bisa mengambil peran penting dalam diskursus keagamaan, baik di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan internasional. Disamping itu dalam pengambilan keputusan harus disertai dan berdasarkan riset-riset yang unggul dan terkini sehingga tidak menawarkan satu gagasan yang kehilangan kontekstualitas. Inilah sisi scientific yang coba digagas oleh IAIN Pekalongan dalam merespons setiap problematika kehidupan masyarakat.

Sekarang ini, arus globalisasi membuka kran ideologi, paham dan corak pemikiran dari segala penjuru dunia. Oleh sebab itu, menumbuhkan sikap nasionalisme menjadi sangat urgen karena globalisasi telah memperlihatkan dampak serius bagi masa depan bangsa. Para lulusan IAIN Pekalongan telah dibekali dengan pemahaman kebangsaan ke-Indonesia-an sehingga, Insya Allah bisa menjadi penerus estafet perjuangan para ulama yang telah memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun kaitannya dengan ekonomi, IAIN Pekalongan berusaha melahirkan ekonomi kreatif di kawasan sekitar. Sisi entrepreneurship tersebut tentu saja tidak hanya berfokus pada satu potensi kewirausahaan saja. Dengan melahirkan potensi-potensi unggulan yang muncul dari kawasan-kawasan lokal. Diawali dari gagasan lokal untuk menasional, dan bahkan mendunia.

Tradisi kesarjanaan tidak bisa lepas dari integrasi iman dan amal. Seorang Sarjana harus bisa menawarkan solusi, tidak justru menjadi biang persoalan di tengah masyarakat. Oleh karena itu, berbekal empat hal tersebut, spirituality, scientific, nationality, dan entrepreneurhip, diharapkan lulusan IAIN Pekalongan sanggup berkompetisi dan lebih utamanya berkontribusi di tengah masyarakat.